OMG… Wingko Itu Tengik, Jenderal!

Sebagaimana yang diajarin sama Pak Guru dan Bu Guru waktu kita SD, panca indera itu ada lima; Mata, kuping, hidung, lidah dan tangan (atau kulit sih?) dan sebagaimana kita tau bersama kesemuanya itu punya fungsi masing-masing. Misalnya, mata buat ngeliat atau hidung buat mendengus. Kalo misalnya ada orang yang make hidungnya buat terbang itu pengecualian *emang roket? :mrgreen:

Alhamdulillah semua panca indera saya berjalan normal, seperti normalnya terang-benderang di siang hari dan gelap-gempita di malam hari, normal semuanya. Baca lebih lanjut

Iklan

OMG… Sariwawan,, Arrggghhh!

Sekarang gw lagi sariawan, sariawan itu datang rutin hampir tiap bulan. Kaya cewe aja ada problem bulanan. Ini kenapa ya ? Pasti ada yang ga beres sama mulut gw. 😦

Ada sedikit kutipan dari tante wiki tentang si sari ini, begini kata si tante…

Sariawan atau stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya sariawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria *masa sih ?! kok gw diserang molo.. :'(.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya sariawan. Misalnya, luka tergigit, mengkonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Sariawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut.

Kasus yang paling sering gw dengar kalo seseorang terkena sariawan itu adalah karena kekurangan vitamin C, perasaan gw ga jarang-jarang banget deh makan jeruk atau mangga. 😮

Penampakan si Pahit

Anyway, soal si sari-yang-nyebelin ini, di keluarga ada satu obat unik yang turun-temurun diwarisin dari emak gw. Kita semua kalo di rumah nyebutnya Obat Pahit, gw ga tau nama asli obatnya, pokoknya kita biasa nyebut obat pahit. Cara pakainya itu diolesin ke bagian mulut yang terkena sariawan, dan rasa obatnya emang bener-bener PAHITTT.. Pantes namanya obat pahit.

Si Pahit ini entah terbuat dari ramuan apa, tapi di rumah gw selalu tersedia. Kayanya emak gw rutin deh beli obat ini, yang gw bingungin adalah kita nyebutnya apa ya kalo mau beli obat ini ke tukang obatnya ?! Pernah waktu kecil di suruh beli ke warung yang biasa jual obat ini, gw ga nyebut nama obatnya. Lhoh kok bisa?!  Ya bisa donk, kan gw bawa botol-botolnya ke si tukang obat. :mrgreen:

Beukhh, jadi berasa jualan obat di sini, tapi ga maksud promosi kok. Cuma mau share aja sama teman-teman di sini, siapa tau ada orang selain gw di dunia ini yang ngobatin sariawannya pake obat ini. Kalo ditanya kenapa sariawannya ga diobatin dengan obat-obatan yang kekinian, semisal albotol atau getah jarak *lah ini mah lebih jadul dari si obat pahit*, gw ga tau jawabannya, mungkin karena di rumah adanya cuma obat ini aja. 😀

Ternyata penyakit sariawan ini ga bisa dianggap remeh, kasus paling parah seperti yang udah disebutin sama tante wiki di atas adalah indikasi terkena kanker rongga mulut. Seremm.. 😦

Si Pahit dan Sang Bungkus

Ada tips dari sini tentang bagaimana kita mencegah sariawan sejak dini. Di antaranya itu, menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut, yang males sikat gigi mulai sekarang harus rajin nih. Memperbanyak makan-makanan berserat, seperti sayuran dan buah *bukan sapu ijuk atau kursi rotan ya*. Hindari makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu pedas, pokoknya yang serba terlalu sebaiknya dihindari, bung Rhoma juga tuh kalo bisa dihindari. Hindari stress dan terakhir, Jangan anggap sepele, karena bisa aja sariawan itu adalah awal dari segala bencana, segera periksakan sariawan kita ke dokter kandungan (?). Pokoknya di musim pancaroba ini, tetap sehat dan tetap semangat ya. 😀