OMG… Wingko Itu Tengik, Jenderal!

Sebagaimana yang diajarin sama Pak Guru dan Bu Guru waktu kita SD, panca indera itu ada lima; Mata, kuping, hidung, lidah dan tangan (atau kulit sih?) dan sebagaimana kita tau bersama kesemuanya itu punya fungsi masing-masing. Misalnya, mata buat ngeliat atau hidung buat mendengus. Kalo misalnya ada orang yang make hidungnya buat terbang itu pengecualian *emang roket? :mrgreen:

Alhamdulillah semua panca indera saya berjalan normal, seperti normalnya terang-benderang di siang hari dan gelap-gempita di malam hari, normal semuanya.

Cuman sebenernya agak sedikit punya masalah aja sama lidah *alay-labil*. Kenapa ya lidah saya ga bisa ngenalin makanan yang udah basi atau tengik. Contoh kejadian:

Suatu malam. Di suatu rumah. Pada suatu keluarga. Ibu pulang bawa bungkusan.

Saya: Wah apaan tuh?

Nyokap: Wingko, nih. *sambil naro di meja*

Saya: Enak nih, nyobain ah. *penuh hasrat buka bungkusnya*

…. *lima menit berlalu*

(saya makan dua, tapi tidak minum yakult, kenyaaangg).

Nyokap duduk di depan meja makan, dan tiba-tiba ngomong, ‘kelapa di wingkonya udah TENGIK, jangan dimakan! 😯

Oke, saya udah makan dua, udah bahagia abis makan wingko dua, dan sekarang wingko-wingko itu divonis TENGIK sama nyokap. Kenapa ini terjadi padakuh. Kenapa harus wingkonya yang tengik, bukan bungkusnya. Kenapa juga ini si lidah ga bisa ngenalin rasa tengik. πŸ˜₯

Sebenernya ga cuma sekali kasus diorientasi lidah terjadi sama saya, pernah waktu itu makan pastel yang asem, saya kira asem itu emang karena ada bumbunya yang bikin asem, ga taunya pas ada orang lain yang nyomot dan makan pastel itu juga, tiba-tiba komentar “Pastelnya basi, ih”. πŸ˜₯

Waktu di kantor pernah juga ada temen komentar kalo nasi di kantor kurang enak, soalnya berasnya jelek. Kalo menurut saya sih enak-enak aja, ga ngerasa keras kok nasinya. Apa temen saya selama ini salah gigit, bukan gigit nasinya, tapi piringnya?! πŸ™„

Kalo kaya gini (ga bisa ngenalin makanan basi, enak atau ga enak) sebenernya penyakit bukan ya? Apa ini semua terjadi karena saya cuma punya dua prinsip dalam menilai sebuah makanan. Sebagaimana yang tertera dalam piagam kuliner versi saya bahwa makanan itu cuma ada dua macem antara ENAK sama ENAAAAKK BANGET. Jadinya mungkin berakibat begini, ga bisa ngenalin makanan layak atau ga buat disantap. :mrgreen:

Saya cari di google dengan keyword sesuai masalah saya, tapi ga kejawab tuh. Kalo ada KawanBlog yang dokter di sini, mohon pencerahannya ya. Takutnya ini gejala mau jadi super hero gitu. 😳

*Selamat berakhir pekan, Kawan! Btw, di postingan kemaren kenapa banyak yg manggil saya Mbak ya?! Apa bahasa postingan saya terlalu feminim? Atau tema blog yang barunya terlalu cute? :mrgreen:

Iklan

38 thoughts on “OMG… Wingko Itu Tengik, Jenderal!

  1. kolomkiri berkata:

    wingko yang enak tu darai Babat….wuiiiiiiiiiiih…kalo udah digigit mak nyus…cleng…nyes…

    wingkonya yg kaya gimana tuh?! baru denger.. πŸ˜€

  2. srexAsyangar berkata:

    Mas…Wingko ato pastel yg basi itu kan terjadi karena proses fermentasi/pembusukan secara kimia organik….sebenarnya nggak beda dengan Tape…itu juga proses pembusukan…cuma rasanya malah jadi enak….jadi bener katamu..makanan itu adanya cuma enak dan enaaaakkk banget…makanya sigkong busuk itu dianggap makanan, bukan sampah…karena enak…hehe….

    berarti makanan makin basi makin enak ya mas?! :mrgreen:

  3. Nunu berkata:

    He … kita senasib mas … saya cuma ngerti makanan enak dan enak banget … yang penting kenyang, apa lagi setelah status nunu jadi anak kos … wah asal nasi itu porsinya banyak dan harganya murah itulah yang nunu sebut enak, he … istilah selera bos harga anak kos … gak ada dalam kamus nunu, yang ada porsi kuli harga anak kos, he …., salam

    hihihiii.. senasib ya kita nu.. salam juga. πŸ™‚

  4. si Paijah berkata:

    wah kalo aq malah kebalikan dari sampean, suka hiper bau-bauan :),lo tak kira emang mbk2 haha setelah baca authornya ternyata mas2 sori mas e

    hihhiii gpp mbak ijah.. maksudnya suka hiper bau2an itu gimana ya?!
    πŸ™„

  5. Asop berkata:

    Hahahahahaha! πŸ˜†

    Aduh maap saya ketawa…

    Saya rasa ini karena Jendral kurang peka aja deh.. :mrgreen:

    sepertinya lidah saya memang kurang peka sop.. hihihi.

  6. rainbroccoli berkata:

    Wah…kasian deh, menyantap wingko tengik…
    Emang itu jenis wingko yang baru ya… ???

    Hehehee… wingko dengan teknologi mutakhir.. πŸ˜€

  7. yuniarinukti berkata:

    Hahaha….
    ternyata nasib kita sama Mbak, eh salah.. Mas ya?
    hmm… tapi klo Wingko tengik emang baunya nyengat banget… gpp kata Pak Srex kayak tape semakin di fermentasi semakin enak, jadiii barangkali aja wingkonya dibikin kayak tape siapa tau rasanya leih nikmat ntar buka usaha Tape Wingko hahahaha…

    Hihihihiiii,, mbak yuni ada2 aja nih, emang bener ya wingko bisa difermentasiin?! *heran*.

  8. gerhanacoklat berkata:

    pertama : lucu karena dirimu dituduh mbak mungkin karena avatarmu itu lho

    kedua: berbahaya buat perut kalo dirimu gak bisa mbedain makanan basi ato gak donk πŸ˜€

    ga tau nih si perut ga bisa diajak kompormi. hihii, e..avatarku bukannya serem ya, mbak?! :mrgreen:

  9. My Surya berkata:

    Tapi biasanya wingko, klo udah engga bagus, bisa kecium dari baunya.. sebelum di rasa di lidah,
    ***
    πŸ˜€ Oh, ternyata Mas ya, hampir juga kemaren tak tulis Mbak, di komen “Alienasi”

    ini tengik masih tingkat dasar mungkin ya mbak.. ga terlalu kecium sih baunya.. hihihi..

  10. bundadontworry berkata:

    duh, bunda pingin ketawa, tapi kok gak tega ya , jadi senyum aja deh, boleh khan ? πŸ™‚
    mungkin lidahnya Mas Mus kurang peka atau memang gak ngerti membedakan mana makanan yg basi atau gak.
    biasanya kalau sudah berbau gak enak atau berbusa(kalau berkuah) itu pasti makanan basi atau kadaluarsa,Mas.
    ini hanya sekedar tips saja πŸ™‚
    salam

    Boleh kok bund.. Hehe. πŸ˜›
    kalo kejadian yang saya alamin kemarin itu mungkin kebasian *bahasa apa ya kebasian* wingkonya masih ditingkat rendah, jadi ga kecium atau ada cairan.. cuma pas kita makan kelapanya aja baru bisa ketauan.. hehe, tp lidah saya ga membantu. 😳 btw, makasi tipsnya.. salam juga. ^^

  11. cempaka berkata:

    RE: piagam kuliner versi saya bahwa makanan itu cuma ada dua macem antara ENAK sama ENAAAAKK BANGET,,

    >>>> justru ini yang dicari2 banyak cewek… *calon suami idaman bgt dah***

    ^^… ntar kan kalo istrinya masak apa aja… always dibilang enak dan enak…. heheh …. *bikin hati istrinya sumringah*** pahala loh

    Udah… ga usah dicari solusinya… pertahankan aja ya kak wkwkkwkwkwkkw

    Hihihiii… asik donk kalo gitu, cemp. Oke dehh.. dipertahanin piagam kulinernya. πŸ˜›

  12. bintang berkata:

    hahahha,
    setubuh, eh, setuju banget sama Cempaka:
    suami idaman,
    terima apa aja dimeja.
    πŸ˜€

    besog besog kalo mw makan tanya yang lain dulu.
    πŸ˜€

    Hehehee.. baiklah, besok kalo mau makan saya akan tanya dulu.. tapi pak guru kadang ga pulang ke rumah saya?! πŸ˜†

    • bintang berkata:

      avax gag ada yang lebih serem ya bang ??

      ada sih, tapi takutnya pada kabur kalo dipake.. hihihihi.

  13. dian berkata:

    Hwahahaha
    Asik, saya nggak sendirian. Lidah saya juga suka kurang peka. Tengik dan agak basi nggak masuk hitungan. Cuma pedas yang saya tahu. Hehehe…

    Asiikkkk ada yg senasipp.. πŸ˜€

  14. NoRLaNd berkata:

    Waktu itu saya pun pernah seperti itu, saat lagi berada di kereta api jurusan Jakarta-Jogjakarta..
    Ada juga yang menjual Wingko… Penasaran karena namanya unik, saya pun mencoba melihat nya, tapi bau nya itu lho. Bikin saya tidak tahan heheh…

    kok bisa ga tahan? enak lho padahal wingko itu. asal bukan yg tengik 😳

  15. KitaSukaWordPress berkata:

    hahay, lain kali makan wingko yang lebih dahsyat sob, wingko babat. habis makan wingko dibabat yg jual soalnya gak bayar.hahaha…. πŸ˜€ piiiisss…

    Hahahaa, serem donk.

  16. Rina berkata:

    wingko..apaan yak??blom pernah nyobain…

    Rina ga tau wingko?! Kenalan dulu dunk, add fesbuk si wingko.. Hee, kan ada di gambar tuh.

    • Rina berkata:

      Kemarin saya dikasih wingko sm temen, jadi keinget tulisannya mas topa yang ini…ampe searching lagi di google
      Untung saya masih inget judulnya …xixixixi
      Hahhaha….setelah dua tahun dari postingannya mas mustova ini, akhirnya hari ini saya nyobain wingko
      ooo…ini toh wingko…hahaha *sambil nunjukin wingko*

  17. agito berkata:

    Jendral.. makan wingkonya jangan cuma dua, sebaiknya lebih banyak. Mudah2an di wingko ke lima sang lidah mulai merasakan ada sesuatu yang aneh di wingkonya.

    Salam kenal, Jendral!

    Hahaha… Entahlah, sepertinya kalo saya makan wingkonya sampe seratuspun kalo ga ada yang bilangin ga akan kerasa.

    salam kenal juga, bung agit. πŸ˜€

  18. Daoz berkata:

    kalo orientasi lidah bermasalah,, pake indikator yang lain aj mas,, kalo pas di telan n masuk perut mbikin perut melilit berarti itu udah basi.. ^^

    biasanya kan ga langsung mas.. hehee.. tp iya sih, abis itu besoknya sakit perut.. thx udah mampir. ^^

  19. kang ian berkata:

    halo mbak.. πŸ˜€
    kayanya prinsip makanan dalam otak saya,,adalah
    bagaimana caranya agar perut saya kenyang..mau bergizi apa ndak..anak kosan inih hahaha

    Heh mbak..?! πŸ‘Ώ
    kita harus makan makanan yang bergizi, kang. Apalagi kang ian lagi dalam masa pertumbuhan. Pertumbuhan menuju busuk, hehee, *piss. *ngacir.

    • kang ian berkata:

      sial hiahah..
      oh ada mbak topa yah xixi i know i know kenapa sekarang avatarnya gitu pasti gara2 ada yang manggil mbak kan huahaha πŸ˜€

      ==
      Juragan Kampus numpang eksis juga disini yah :
      Mati Listrik, Batal Ujian

      wih juragan blog ada blog lagi.. kereennn deh. πŸ˜€

  20. kikakirana berkata:

    Aduh mas topa… asli nguakaaakkk selalu aq klo ada di blog ini cekakakka,,,,, πŸ˜†
    dilarang melarang orang ngakak wkwkkwkw…. (nah loh dilarang melarang bahasa macam mana pula ini qkkqkqkqkq)

    itu kakaknya QK juga kek gitu… wes persis sama…. mak…plek… πŸ˜†

    pernah makan mie basi seperempat piring itu dianya xixiixxie πŸ˜›

    HIDUP!!! yow,,,, HIDUP!!! HIDUP!!! ^_^

    Oh ada juga ya QK yg punya problem kek saya juga.. hihihiii, ada temennya lagi nih, asik. πŸ˜€

  21. alisnaik berkata:

    jangan2, karena lidah gak peka, air kencing bisa disangka air teh lagi πŸ˜†

    mending makan richeese nabati aja, dijamin gak tengik. *malahpromosiproduk*

    kalo richeese saya juga suka, bung alis.. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s