OMG… Kawin Atau Nikah Ya Enaknya?!

Ilustrasi. Pada sebuah acara reuni sekolah yang udah lebih dari tiga puluh tahun ga pernah diadain, terjadilah percakapan standard antara dua kawan lama yang dulu sebangku dan sepermainan selagi di sekolah…

Si X:  ‘woi udah kawin belom lo?’

Si Y: ‘Kawin sih udah, tapi nikah belom’.

Si X: ‘Emang apa bedanya kawin sama nikah?’

Si Y: ‘Kawin pake ur**at, kalo nikah pake surat’.

Kriuk [+] T A M A T [+]

Einstein Confused

Sering banget ga sih KawanBlog denger orang ngomong kaya gituh? Kalo saya sih sering. Ga tau kenapa ya, kalo denger orang ngomong kaya gitu agak mengganggu buat saya. Mungkin karena saya berbintang cancer yang katanya punya sifat perasa kali? lhoh, Kok jadi nyambung ke zodiac.

Penasaran sama joke lawas itu, adrenaline terpacu dan jiwa ditektif saya terangsang untuk ngungkapin sebenernya apa perbedaan makna Kawin dengan Nikah? Sebenernya mana yang muncul lebih dulu, kata kawin dulu atau nikah dulu? Telor dulu atau ayam dulu?

Mari kita bandingin… THIS IS IT. *farah Queen mode: on.

Akar kata keduanya:

  • kata kawin yang saya liat di tante Wiki… berasal dari kata jawa kuno ka-awin atau ka-ahwin yang berarti dibawa,dipikul, dan diboyong; kata ini adalah bentuk pasif dari kata jawa kuno awin atau ahwin; selanjutnya kata itu berasal dari kata vini dalam Bahasa Sanskerta. (nantinya kata vini melahirkan kata bini atau istri).
  • Kata nikah berasal dari bahasa Arab ‘nakaha’ yang artinya menghimpit, berkumpul atau berhimpun. sinonim kata nikah dalam bahasa Arab adalah Zauwj – Zawwaja.

Perbedaan asal bahasa dari keduanya udah cukup jelas kalo kata kawin ada sebelum kata nikah. Secara historis bisa dipastikan kalo yang pertama hadir di Nusantara itu bahasa Jawa dulu.

Pada Tata bahasa:

Nah lho, pada lingkungan formal yang dipakai malah kata kawin atau perkawinan. tapi kenapa pada kenyataan sehari-hari sepertinya masyarakat lebih menilai kalau kata nikah itu lebih bermakna halus, bagus dan sopan? Kok bisa?! 🙄

Dari dua fakta di atas, bisa dipastikan ga ada perbedaan yang mendasar antara kata kawin dan nikah. Kalo soal omongan ‘nikah pake urat, kawin pake surat’, adalah bentuk penurunan makna pada sebuah kata (dari berkonotasi positif menjadi negatif, Peyoratif). Bukan peyotratif ya istilahnya, kalo itu untuk istilah manusia yang berubah dari muda ke tua, peyot. 😳

Jadi enaknya kawin atau nikah? Ya sama aja, enak dua-duanya (katanya lho). Asal sesuai syarat dan aturan yang berlaku dan udah sama-sama siap untuk menjalin bahtera rumah tangga hingga ajal memisahkan keduanya. *tsah.

[*]

Himbauan: Hayo sumanged buat para bujangwan dan bujangwati yang belum kawin, mari kita sempurnakan agama kita dengan jalan berkahwin. Kan kawin bagian dari sunnah Nabi. Doh, kurang apa coba, udah enak (katanya!!), dapet pahala pula. Jadi ngebayangin pengen cepet-cepet kawin, eh nikah, eh kawin deh. :mrgreen:

Lomba: Tulisan ini saya buat dalam rangka ngeramein event-nya kang ianabu yang katanya sedikit lagi akan melangsungkan perkawinan. Selamat ya kang! Tapi masih jomblo ya katanya, gimana sih yg bener. 🙄

* Selamat berkahwin buat yang udah siap. Semoga jadi keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah. Oiya, penting dibahas, agak terganggu kalo denger orang ngomong ‘sakinah, mawaddah DAN warahmah‘. 😛

gambar google.

Iklan

59 thoughts on “OMG… Kawin Atau Nikah Ya Enaknya?!

  1. ian abuhanzhalah berkata:

    pertamax gan
    menurut ane, nikah karena itu bahasa al-quran. Jelas karena saya muslim 😀
    kalo kawin memang terminologinya ke arah yang lebih spesifik hahay
    g usah dibahas terlalu jauh kaya mahasiswa jurusan filsafat..enjoy aja yang penting rasanya bung wkwkw

    tunggu pengumumannya tanggal 14 jum’at pekan depan 😀

    • Sitopatop berkata:

      oke gan.. selamet dapet pertamax.. itu menurut saya aja lo gan. 😀

      boleh ya bahas nikah dari aspek bahasa. abis baca2 peserta yg lain udah banyak bahas soal tujuan dan hikmah. hehee. *ngeles.

  2. ian abuhanzhalah berkata:

    iya g papa koq..
    cuma memang bahasa itu luas so mending kita dalemin ke maknanya aja 😀
    intinya y nikah..trus kawin..ah tergantung pandangan orang-orang aja 😀
    hoho..itu sedikit penilai juri secara langsung wkwkwkw

  3. fajar berkata:

    banyak gan yg ngmong ky gt.tmn2 q jg gt,enaknya kawin klo nikah entar dl deh nunggu mapan dl.katanya se..heee
    kunjungan malam yang hangat gan.:D

  4. putu berkata:

    wuihhh detail banget penjelasannya….
    calon dosen bahasa & sastra Indonesia nih kayanya… apa jangan2 memang sdh jdi dosen? hehehe….

    salam kenal 😀

    • Sitopatop berkata:

      iya memang, dalam tingkat formal kata kawin lebih banyak digunakan ketimbang nikah.. tp kalo diliat dari konotasi yang sekarang, kata kawin bermakna lebih kasar daripada kata nikah.. 🙂

  5. solusi berpromosi berkata:

    Mungkin kata nikah itu lebih sopan daripada kawin. soalnya, yg bisa menikah itu hanya manusia, hewan hanya kawin saja atau kawin suntik. makanya kalau ada orang kawin kontrak disebut kawin-kawinan … h h h
    salam dari Surabaya
    A. Fauzi

  6. yanrmhd berkata:

    hahayyy, okelah klo begituh…
    terserah mo yang mana asal jalanin aja dengan bener…

    yang penting niat bersih bwt ibadah dgn nikah eh kawin, mmmmm…hah seterah mo pake yang mana :mrgreen:

  7. delia4ever berkata:

    heheheh..
    lia juga pernah dengar begitu..
    tapi gak pernah nyari tahu kenapa begitu…

    salut buat kamu bisa menjelas kannya dengan baik begini..

    ^_^

  8. sunflo berkata:

    kalau aq suka nyebutnya dengan nikah… ga mau kawin… emangnya kek kambing.. 😛
    tapi kalu perkawinan sih udah diperhalus yaa… hehehe

  9. dedekusn berkata:

    Pengetahuan kosa katabaru nih…
    Kalo dulu kata guru biologi sy:
    Kawin :hubungan kelamin Jantan-Betina, contoh: Telur ayam itu hasi perkawinan.
    Nikah : Hubungan yang terikat Pernikahan… (Suami + Istri bukan lelaki + perempuan) heheh…
    Thanks & Sukses!

  10. Rina berkata:

    Udah lama ga berkunjung ke sini…
    ehhh ternyata OMG ganti theme
    gravatarnya mas topa juga ganti…

    selamat mas….dapet hadiah juga kan dari lombanya…
    kalau saya lebih milih nikah..hehe 🙂

  11. gadget info berkata:

    kalo mo layaknya manusia ya nikah dulu baru kawin… tapi kalo mo mirip mamalia atau sebangsanya ya kawin aja doang nikah belakangan ha..ha..ha

  12. kikakirana berkata:

    *sapinya dah siap buat kawin…
    *kambingnya sepertinya baru kawin kemaren…
    *”lagi liat kucing kawin..”

    mungkin karena kawin lebih umum kali ya…
    mana pernah denger ayam nikah… kucing nikah… kuda nikah… :mrgreen:

    btw,, jadinya yang menang lomba na sapa na yak??

    HIDUP!!! ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s