OMG… Momok itu Bernama ‘Errrrr!

POCONG'ERs

Maksud hati jadi orator kondang kaya Zainuddin MZ, apa daya suara ga memadai. Dengan suara nge-bass dan pelafalan huruf ‘ERRRRRRR’ yang ga jelas, bikin orang yang bicara sama saya–apalagi yang baru kenal–selalu ngomong ‘apaan?‘ atau ‘Gimana maksudnya?’ Libet lah.

Mengucap kata-kata yang mengandung huruf ‘Er’ menjadi momok tersendiri buat saya, siasat terbaik ketika sedang berbicara adalah dengan mengganti kata yang mengandung huruf ‘er’ dengan kata yang aman (tanpa R). Misal, lagi naek angkot, tiba-tiba udah sampe di tempat tujuan, biasanya orang awam akan bilang: ‘bang, kiri bang.. kiri bang!!’ Tapi kalo saya akan menyiasatinya dengan kalimat: ‘bang, stop bang!!‘ *dengan suara serak-serak basah dan tatapan mata sendu ke abang angkotnya. 😳

Darah cadel di keluarga saya sepertinya ga ada. Ibu-bapak biasa, kakak-ade juga biasa, saya aja gitu yang ga biasa dan ganteng. Wew. Cari-cari di google apa ada kaitannya cadel dengan gen, dapet! Dan menurut tante wiki..

Kesulitan mengucapkan suatu huruf tertentu dapat disebabkan berbagai macam hal, dapat berupa faktor fisik seperti bentuk lidah yang tidak memungkinkan mengucapkan huruf tersebut maupun belum terlatihnya lidah untuk mengucapkan huruf tersebut. Selain itu, faktor lingkungan juga berperan, seperti bagaimana orang-orang disekitarnya mengajak bicara, misalnya jika seorang anak selalu diajak bicara dengan cara cadel (oleh orang dewasa), maka anak tersebut cenderung meniru cara bicara tersebut dan berakibat sang anak menjadi cadel pula.

Ga ada kaitannya tuh ternyata. Pernah dapat banyak saran dari temen2 supaya ga cadel. Ada yang nyaranin setiap pagi, pas lagi pup, hidung dijepit pakai tangan terus ngucap ‘Er’ berulang-ulang. Atau ada juga saran yang cukup ekstrim, katanya lidah saya harus dikerok. Doh, kaya sisik ikan aja dikerok. 😕

Umm, saya juga punya pengalaman ga enak seputar ketidakjelasan saya pas lagi ngomong. *sedih*

Pertama, pas motor mau ngisi bensin di POM. Kata si Mas POM, ‘isi berapa mas?’ ‘Sepuluh ribu mas.’ Jawab saya, dengan bicara cepat, pelan dan mulut ditutup pake masker. ‘Oke..’ Jawab petugas POM, sambil pencet 7000 alias angka tujuh plus tiga deret Nol di belakangnya. ‘Aarrggh, apa-apaan ini. Masa jadi tujuh ribu,’ gerutuu saya dalam hati. Tapi mau bilang tambah tiga ribu lagi udah keburu males. Fiuh. *pasrah* 👿

Kenapa saya ga bilang ‘SEPULUH’ aja ke petugasnya? Takut nanti dikira isi sepuluh liter. Kenapa ga bilang ‘DUA LITER’ aja? Ga ah, kan mau pas isi sepuluh ribu, biar ga kembalian. Lagian LITER ada huruf ‘Er’-nya. Udah beberapa kali seperti itu kejadiannya, dan saya maklum. 😆

Kedua, pernah kejadian pas kenalan dengan orang. Nama panjang saya itu Mustofa Zahri, biasanya kalau kenalan sama orang pake nick name. TOPA. Dari pengalaman tiap kenalan, kata Topa bisa berevolusi jadi berbagai macam kata, misal:

Siapa tau menginspirasi sutradara. 😆

Si X: Namanya siapa mas?

saya: topa..

si X: oh.. (hening sejenak), TOHA tinggal dimana?

saya: …… (untung bukan tahu dengernya). 😥

atau di lain waktu:

si Y: Hahahaha.. Oh iya belom kenalan. Namanya siapa mas?

saya: Topa, mbak..

si Y: Hehehe, kaya cewe aja namanya..

saya: Hah? 😯

si Y: NOPA kan?

saya: *garuk2 tanah*. 😥

Sejak itu kalo kenalan pakai nama ‘Mustof(p)a’ (tanpa Zahri) aja, walaupun awalnya canggung juga karena punya nama sangat Arab, tapi tampang pribumi aselih.. 😛

Ngehibur diri sendiri, saya coba ingat2 tokoh dunia yang kalo ga salah juga punya bakat cadel, ada Pak B.J Habibie, Aa Gym, Akbar Tanjung, Haruki Murakami, *katanya kebanyakan orang jepang ngucap huruf ‘L’ jadi ‘R’, Barack Obama *semua bule kayanya cadel ER deh. Ah semoga aja garis nasip saya ga jauh seperti beliau-beliau. :mrgreen:

Sekedar refreshing bagi yang cape karena baca tulisan saya.. Silahkan simak humor orang cadel di sini.. (maap2 kalo respost ya). 😳

*Selamat datang bulan Mei, selamat hari Buruh! Biar cadel asal keren. 😎

Iklan

14 thoughts on “OMG… Momok itu Bernama ‘Errrrr!

  1. cempaka berkata:

    xiixixixi……… 🙂 *postingannya bikin pikiranku langsung freshhh….

    kebanyakan sepupuku cadel semua 🙂 *mungkin karna ada darah banjarnya**

    teteup semangat!!!! jangan menyerah !!!!..

  2. kikakirana berkata:

    😀 kirain kemarin nie posting apa’an…
    dan baru tau kalo ternyata maz topa nya cadel 😀
    jarang” orang cadel mau ngaku loh maz… gpp… tetep semangat 😆

    HIDUP!!! ^_^

  3. alisnaik berkata:

    jadi ingat guyonan orang cadel,
    pesennya udah bener Nasi Gorenng, tapi minumnya es jeyuk. 😆

    btw, gambarnya kok bermuka kaskus begitu. yang maho lagi. hahahaa

    terima kasih dan mohon maaf 😮

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s