OMG… The Kite Runner; Harga Sebuah Pengabdian dan Persahabatan

Cover

Pada postingan kali ini gw mau coba-coba bikin ulasan tentang sebuah buku yang belum lama selesai gw baca. Buku yang ditulis oleh Khaled Hossaini, seorang Afghanistan yang udah lama tinggal di Amerika. Buku ini menceritakan tentang arti sebuah pengabdian, persahabatan dan persaudaraan. Pokoknya siap-siap tissu basah dan cemilan kalau mau baca buku ini.. πŸ™„

Diceritakan dalam buku ini dua tokoh sentral, dua anak laki-laki yang tumbuh bersama dengan strata yang berbeda. Amir, seorang anak saudagar kaya dan Hassan, anak seorang Hazzara (Hazzara adalah suku yang dianggap orang-orang afghan sebagai golongan budak) yang keluarganya telah lama mengabdi kepada keluarga Amir.

Dalam buku ini, Khaled menjadikan tokoh Amir sebagai pencerita. Dimulai dari cerita masa kecil Amir dan Hasan yang banyak menyisakan kenangan dan keharuan *keharuan bahasa apaan lagi.. :oops:*. Berbagai konflik juga terjadi pada masa ini. Di antaranya, kegelisahan hubungan antara Amir dan Ayahnya yang kaku, ketakutan kasih-sayang ayahnya direbut oleh Hassan sampai pada kejadian keinginan Amir untuk meminta sang ayah mengusir Hassan dan Ayahnya dari rumah mereka.

Pada beberapa bagian, Khaled juga menggambarkan keadaan bangsa Afghanistan di masa-masa penjajahan oleh Soviet, sampai pada pergantian rezim yang akhirnya Afghan dikuasai oleh Taliban. Penderitaan rakyat Afghan dan kekejaman penjajah diceritakan dengan bahasan yang ga detail tapi cukup ngena.

Dengan pengkarakteran tokoh yang kuat *di sini gw sempet sebel juga sama tokoh Amir yang pengecut banget* dan kisah yang mengharukan, menjadikan buku ini sanggup membuat orang-orang yang membacanya meneteskan air liur, air mata maksudnya, terutama buat gw yang orangnya sangat perasa. hukz. πŸ™„

Mungkin gw termasuk orang yang telat baca buku ini, karena buku ini udah keluar lama. Bahkan adaptasi filmnya pun udah keluar dari tahun 2007. πŸ˜€ Buku yang meraih penghargaan dari Newyork Times ini bener-bener bikin gw nangis beberapa kali pas bacanya *sebenernya bingung antara nangis atau pilek*, bukan karena ceritanya yang cengeng tetapi karena ketegaran dari karakter tokoh di buku ini. Sekarang mau hunting filmnya, denger2 filmnya juga sempet menyabet beberapa penghargaan. πŸ™‚

Yang mau liat trailernya sebelum nonton filmnya, silahkan cikidot 😎

[Youtube=http://www.youtube.com/watch?v=Tm5e6AqrNF8]

Iklan

22 thoughts on “OMG… The Kite Runner; Harga Sebuah Pengabdian dan Persahabatan

  1. Ruang Hati berkata:

    Filmnya keren penuh makna, disarankan untuk nonton ada unsur untk pembelajaran.
    BTW Link blognya sudah terpasang di ruanghati.com, silahkan cek dan sowan kesana. Salam sukses

  2. KangBoed berkata:

    πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

    RAIHLAH β€œJATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fuuullllllllllllllllllllllllllllllll

  3. roded berkata:

    saya gak pernah baca bukunya, tapi langsung nonton filmnya..keren abisss. ceritanya juga sedih, apalagi mengingat pengorbanan seorang anak kecil terhadap majikan mudanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s