OMG… Tentang Murakami

Haruki Murakami dan Jempolnya

Haruki Murakami dan Jempolnya

Hari ini, Seperti biasa, Nongkrong seharian di depan komputer, tapi Berhubung hari ini masih hari puasa Fesbuk, gw mengalihkan kegiatan onlenn dengan berposting ria di kaskus, ngejar postingan ke seribu, alhamdulillah dapet juga. Target sekarang sampe akhir bulan depan gw harus udah ISO. 😛

Udah bosen posting dan baca2, gw iseng ngubek2 tentang penulis kaporit gw, Haruki Murakami San, di mamang Google. Oh iya, Ga semua orang kenal siapa itu si Murakami, bagi yang belum tau tentang Murakami, bisa diliat poto orang yang ada di postingan ini, orang itu keliatan tampak nyeremin, tapi sebenernya enggak kok, liat aja jempolnya (apa hubungannya ya?!), emm.. ini gw copy sedikit data tentang dia dari tante wiki yang paling cantik dan manis…

Haruki Murakami (村上春樹 ,Murakami Haruki , lahir 12 Januari 1949) adalah seorang penulis dan penerjemah Jepang. Karyanya dideskripsikan oleh Virginia Quarterly Review sebagai “mudah dimengerti, namun dalam dan kompleks.”

Nah itu dia, biografi singkat tentang Murakami. Gimana? udah ada mulai nafsu ama dia??! kalo emang udah dan mau kenal lebih deket lagi, bisa gabung aja ke web resminya, kali aja gitu ada yang mau ngrekrut dia sebagai supir. Oh iya, mister Murakami ini juga sangat hobi lari lho, bingung kan kenapa lari jadi hobi, makanya langsung aja gabung ke web-nya (apa coba gw). 😀

Dan di bawah ini, karya-karya dia yang sepertinya super-super dahsyat. 😀 selain menulis novel, Murakami juga menulis beberapa cerita pendek. Untuk lengkapnya silahkan cekidot di sini.

Novel

Tahun Judul Bahasa Jepang Judul Bahasa Inggris
1979 風の歌を聴け
Kaze no uta o kike
Hear the Wind Sing
1980 1973年のピンボール
1973-nen no pinbōru
Pinball, 1973
1982 羊をめぐる冒険
Hitsuji o meguru bōken
A Wild Sheep Chase
1985 世界の終りとハードボイルド・ワンダーランド
Sekai no owari to hādoboirudo wandārando
Hard-Boiled Wonderland and the End of the World
1987 ノルウェイの森
Noruwei no mori
Norwegian Wood
1988 ダンス・ダンス・ダンス
Dansu dansu dansu
Dance Dance Dance
1992 国境の南、太陽の西
Kokkyō no minami, taiyō no nishi
South of the Border, West of the Sun
1992-1995 ねじまき鳥クロニクル
Nejimaki-dori kuronikuru
The Wind-Up Bird Chronicle
1999 スプートニクの恋人
Supūtoniku no koibito
Sputnik Sweetheart
2002 海辺のカフカ
Umibe no Kafuka
Kafka on the Shore
2004 アフターダーク
AfutādākuAfter Dark

Gw sebenernya baru baca dua buku Murakami, Norwegian Wood dan Dengarlah Nyanyian Angin, karena setau gw, cuma dua buku itu aja yang udah diterjemahin ke bahasa Indonesia. Walaupun baru baca dua bukunya, ga tau kenapa langsung suka sama gaya penulisan dia, mungkinkah Murakami menaruh aroma pelet di tiap lembar buku-bukunya?! wew.

Dari dua buku yang udah gw baca, bisa gw nilai *wuanjirr.. gaya banget gw* kalau gaya penulisan dia bener2 ngalir dan gampang dicerna, malah menurut gw kalau baca buku dia hampir sama rasanya kalau kita baca komik Doraemon (IMHO), tapi menurut sebagian orang, Beberapa karya Murakami itu bersifat absurd. Jadi penasaran mau baca buku2 dia yang dibilang rada absurd itu. Sayang seribu sayang, lagi2 kendala bahasa yang menghambat. Haduh, jadi nyesel deh dulu waktu sekolah suka bolos pas pelajaran bahasa Timbuktu *lhoh?!. 😦

Dan dari postingan ini, gw berharap bisa ngangkat pamor Murakami di Indonesia *Jaelahh, kaya yang terkenal aja gitu blog gw*, biar orang2 di sini juga tau, bahwa Jepang itu ga cuma ngeksport Miyabi. Karena kalo udah punya banyak penggemar di sini, mudah2an orang2 yang kerjaannya nerjemahin novel2 asing bisa tergugah hatinya buat nerjemahin novel-novel Murakami juga. 😀

Sampai ketemu Murakami San di buku anda selanjutnya. Kiss Mmuaahh. mmuuaaahh. :))

Semoga temen2 yang ngebaca tulisan ini bisa tertarik dengan Murakami dan langsung ngeborong semua buku-bukunya di pasar Juma’t. Oh iya, siapa penulis favorit temen2? kasih tau dunk, kali aja bisa jd penulis favorit gw juga. 🙂

14 thoughts on “OMG… Tentang Murakami

  1. Riana berkata:

    haaaaahhh… thopa-thopa…..
    lebih d asah lg idenya, sudah cukup menarik untuk di post ke koran gw yg terbit setiap hari pagi siang sore…
    hehehe…

    thopa.. thopa….
    (kapan lw tobat na??),,,,

Tinggalkan Balasan

